Jumat, 11 Desember 2009

MISTERI DI BALIK PERKULIAHAN

Oleh : * Muhammad Jakfar Sadiq

Kuliah tidak hanya cukup dengan kita datang ke kampus masuk kelas dan mengikuti perkuliahan sebagaimana mestinya, mengerjakan tugas yang diberikan dosen, kemudian melihat IP di warnet tiap kenaikan semester. Semua mahasiswa, pasti bisa melakukan semua itu. Namun, yang terpenting adalah kemauan, motivasi, potensi, dan dukungan secara eksternal (dosen, teman, orang tua), terlebih dari intern sendiri.

Bagi mahasiswa baru Jurusan Pendidikan Biologi, tetapkan visi-misi Anda datang ke kota ini, tepis semua pikiran negatif yang akan meruntuhkan pemikiran dan kalian harus berprinsip, bahwa saya datang untuk kuliah, maka pulang harus membawa sejuta pengalaman, ilmu pengetahuan, dan modal untuk hidup kedepan. Tak selamanya kita dapat berpegang pada prinsip, tapi kesabaran, usaha, dan keistiqamahan akan membawa kalian ke tempat yang diharapkan, yaitu sukses kuliah, lulus dengan IP bagus serta setumpuk pengalaman, dan pengabdian.

Perkuliahan tak semudah dan tak sesulit yang dibayangkan, namun kesulitan dan kemudahan hanyalah sebuah prespektif individu. Selama kita menjalani, berusaha menyelesaikan setiap kendala yang ditemukan, maka dengan sendirinya kesulitan akan terpendam. Adik-adik MABA jangan pernah bilang kalau kuliah itu berat, karena bukan gula yang harus ditimbang, tapi kalian diterima di jurusan ini adalah sebuah anugerah yang harus kalian syukuri, dengan tetapkan langkah kalian, dan hentakkan kaki untuk maju terus pantang mundur. Napoleon mengatakan “tak ada yang mudah, tapi tak ada yang tak mungkin”.

Sekilas wawancara bersama teman, kakak tingkat, dan adik tingkat seputar perkuliahan. Banyak sekali yang mengatakan, bahwa kuliah itu hanya mendapatkan teori-teori, yang pada perkembangannya akan mengalami perkembangan. Namun, sedikit sekali mahasiswa yang sudah jelas dengan kepastian tujuan, mengapa mereka harus kuliah dan akan kemana setelah lulus nanti. Ironisnya, tak sedikit mereka yang bingung mencari jawaban atas pertanyaan ini.

Adik-Adik pada perjalanannya nanti, akan mengetahui sendiri mana dosen yang benar-benar kompeten, memperhatikan usaha mahasiswa untuk dapa memperoleh nilai yang maksimal, serta memprioritaskan kepentingan mahasiswa. Tak perlu kaget, jika banyak hal yang kalian temukan dan ternyata tak sejalan dengan nurani serta pemikiran kalian. Kehidupan yang terdiri atas beragam wacana, akan mampu menghias perjalanan perkuliahan kalian.

Penulis berpikir misteri perkuliahan adalah sebuah skripsi yang dapat menjerumuskan kita semua (mahasiswa) kelembah semester aus (lanjut). Mahasiswa akan baru mendapatlan gelar Strata 1 (S1), setelah mereka berhasil menyelesaikan penulisan skripsinya. Namun, cepat tidaknya penyelesaian skripsi tersebut, ditentukan oleh faktor Dosen Pembimbing, biaya, dan kita selaku pelaku mahasiswa nantinya, Keluarnya Dosen Pembimbing di semester delapan, bagi Mahasiswa Jurusan Biologi, adalah sebuah masalah besar. Dimana, mereka dituntut untuk segera lulus (orang tua), sementara secara administrasi tidak mungkin melanggar. Selain itu, mata kuliah semisal; seminar proposal, dan pemagangan juga perlu diberikan kebijakan yang berarti, sehingga tidak menghambat kelulusan mahasiswa yang akan menentukan akredetasi jurusan sendiri, baik disadari maupun tidak sebagai bukti nyata adanya jurusan biologi di Kampus Putih tercinta ini.

*Penulis Mahasiswa Jur. Pend. Biologi – FKIP – UMM
(Mantan Ketua LSO-Annajma-FKIP-UMM & Aktif di Young Entrepreneurship Society/YES)

0 komentar: